HEADLINE NEWS

Mangkir Setelah Beberapa Kali Dipanggil Polisi, Oknum Warga Manis Mata Diamankan Atas Kasus Pencurian


Cybernews.id - Ketapang - Kalbar. 

Seorang oknum warga Desa Pakit Selaba Kecamatan Manis Mata, Kabupaten Ketapang, berinisial SU (35) diamankan oleh Polres Ketapang setelah beberapa kali mangkir dari panggilan terkait dugaan kasus pencurian. Upaya penjemputan terduga pelaku dilakukan oleh Unit Pidum Satreskrim Polres Ketapang pada minggu tanggal 20 Oktober 2024 sekira pukul 04.00 wib di rumah terduga pelaku yang berlokasi di Desa Pakit Selaba Kecamatan Manis Mata Kabupaten Ketapang, setelah sebelumnya terduga pelaku beberapa kali dipanggil namun tidak memenuhi panggilan polisi.


Kapolres Ketapang AKBP Setiadi, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kasi Humas IPTU Drajat Pamungkas menjelaskan bahwa terduga pelaku SU diduga terlibat dalam beberapa kasus pencurian yang dilaporkan beberapa waktu lalu. Meski telah dipanggil secara resmi oleh pihak kepolisian untuk menjalani pemeriksaan, terduga pelaku berulang kali mengabaikan panggilan tanpa alasan yang jelas.


“ Ada dua laporan yang menjadi dasar penjemputan terduga pelaku yaitu laporan polisi nomor : LP / B / 14 / I / 2024 / SPKT / POLRES KETAPANG / POLDA KALBAR, tanggal 18 Januari 2024 dan laporan polisi nomor : LP / B / 254 / X / 2024 / SPKT / POLRES KETAPANG / POLDA KALBAR, tanggal 5 Oktober 2024 dimana kedua laporan polisi ini terkait panen massal tanpa izin terhadap kebun sawit milik PT Umekah Sari Pratama dengan terlapor atas nama terduga pelaku SU dan beberapa oknum warga lainnya ” Ujar IPTU Drajat, Selasa 22 oktober 2024 pukul 20.00 wib.


Dirinya menambahkan setelah melakukan serangkaian upaya penyelidikan, tim Reskrim Polres Ketapang bersama tim BKO Brimob yang melakukan pengamanan di PT USP mencoba menjemput terduga pelaku di rumahnya. Saat dilakukan penjemputan, tim Reskrim mendapat upaya perlawanan dari keluarga terduga pelaku serta beberapa warga masyarakat sSumber :Humtempat.


“ Saat tim gabungan yang dipimpin oleh Kanit Pidum IPDA Zainal mencoba membawa terduga pelaku, istri terduga pelaku sempat berteriak meminta bantuan warga sekitar sehingga warga beramai ramai mendatangi rumah terduga pelaku. Sempat di jelaskan oleh Kanit IPDA Zainal bahwa terduga akan dibawa secara baik baik untuk menjalani pemeriksaan di Mapolres Ketapang. Namun istri terduga pelaku memprovokasi warga sekitar dan melakukan pelemparan kepada mobil petugas dengan batu dan memicu warga lainnya untuk melempar batu juga ”  Tambahnya 


Dalam kondisi kendaraan yang tidak bisa bergerak dan situasi yang semakin tidak kondusif, petugas sempat melepaskan tembakan peringatan ke udara untuk memperingati massa yang semakin tidak terkendali. Akhirnya tim Reskrim bersama Tim BKO Brimob melepaskan terduga pelaku untuk kembali kerumahnya dan saat ini untuk memastikan situasi kondusif, Kapolsek Manis Mata bersama Forkopimcam dan Dewan Adat setempat, melakukan patroli ke Desa Pakit Selama dan mengadakan mediasi bersama keluarga terduga pelaku.


“ Sampai berita ini diturunkan, situasi di Desa Pakit Selaba sudah kondusif, Kapolsek Manis Mata bersama Forkopimcam dan Dewan Adat setempat terus berkoordinasi dan bermusyawarah untuk memastikan keadaan berjalan dengan aman dan kondusif ” tutup Drajat. 


Sumber : Hum Res Ketapang. 

Editor : mt / wanto. 

Newest
You are reading the newest post