HEADLINE NEWS

DPD IKAN Kota Langsa Priode 2022-2027 Resmi Dikukuhkan


 


Cybernews.id -  Kota Langsa 

Dewan Pimpinan Daerah Inspirasi Keluarga Anti Narkoba (DPD IKAN) Kota Langsa Periode 2022-2027 dikukuhkan, yang digelar di Aula Sekda, Jln Cut Nyak Dhien, Gampong Jawa, Kecamatan Langsa Kota, Selasa (26/09/2023).

Ketua DPD IKAN Kota Langsa Hengki Syahjaya SE, dalam sambutannya mengucapkan, terima kasih pada Pemerintah Kota Langsa yang telah memfasilitasi kegiatan ini, serta Ketua DPRK Langsa, Kepala BNN dan semua pihak yang telah memberikan kontribusi dalam acara pengukuhan ini.

DPD IKAN Kota Langsa siap besenerji dengan Pemerntah kota langsa, BNN dan Polri untuk mensosialisakan bahaya pengaruh dari narkoba ke masyarakat.

“Alhamdulillah, setelah pengukuhan pengurus DPD IKAN disesi penandatanganan kerjasama dengan pihak Sekolah, SMKN 1 dan SMAN 3, Kota Langsa dalam hal mensosialisasi dampak bahaya narkoba tersebut,”ujar Hengki.

Program kedepan IKAN akan berkerjasama dengan BNN untuk membuat program TOT P4GN, sehingga pengurus dapat menguasai materi dan mampu membagi ilmu pada siswa baik SMP, sederajat maupun SMA, SMK sederajat untuk itu mohon dukungan dan kerjasama Cabdin dan Dikjar Kota Langsa untuk dapat memfasilitasi IKAN ke Sekolah. ungkap Hengki.

Sambutan ketua DPP IKAN Aceh Syahrul Maulidi, ucapan terimakasih kepada pemerintah Kota Langsa serta panitia penyelenggara yang telah membantu sehingga terlaksananya kegiatan ini, dan hadirnya DPD IKAN Kota Langsa ini untuk membantu institusi pemerintah dalam bekerja sama dalam mencegah dan memberantas Narkotika sampai ke kepelosok desa.

Organisasi IKAN ini harus dapat bekerjasama dengan masyarakat dalam memerangi pengedaran narkoba dalam memutus mata rantainya sehingga kita dapat pencegahan masuknya narkotika ke wilayah Kota Langsa dan ke desa-desa kita.

Perlunya kegiatan sosialisasi kepada masyarakat akan bahayannya pengguna narkotika dengan P4GN di desa-desa sehingga masyarakat tau akan bahayanya narkotika. Saya mengajak kepada steckholder agar dapat bekerjasama dalam hal kegiatan pemberantas narkoba di Aceh khususnya kota Langsa,” jelas Ketua DPP IKAN Aceh.




Sementara Kepala BNN Kota Langsa AKBP Werdha Susetyo, dalam sambutan memberi apresiasi kepada ketua DPP IKAN Aceh yang telah datang ke Kota Langsa dan saya mengharapkan kepada ketua DPD IKAN Kota Langsa agar segera membuat konsep-konsep kegitan kerja dan trobosan kreatif untuk ke kedepan sehingga dapat bekerja sama dengan BNNK Langsa.

“Indonesia mencatat tahun 2023 angka yang paling tertinggi masuk ke rehabilitasi adalah anak-anak SMA mencapai 63,5%, anak-anak SMP 13,1% selebihnya anak-anak SD dan saya mengharapkan kepada orang tua untuk dapat menjaga keluarganya dari bahaya narkoba tersebut,” urainya.

BNNK Langsa akan membuat pencegahan dengan membuat Qanun Gampong di dalam waktu dekat ini BNNK Langsa akan melaksanakan kegiatan lounching Gampong bersinar yang telah berkoordinasi dengan Forkopimda dan intansi terkait, imbuh Werdha.

Danki 2 Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Aceh Aramiah, AKP Muhammad Rizaldi dalam sambutan menyampaikan, siap membantu DPD IKAN Kota Langsa dalam hal pencegahan dampak bahaya dari Narkoba, karena menjadi salah satu program brimob.

Mencegah penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja serta untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang berprestasi sehingga bisa membawa Indonesia semakin maju, ucap Danki Brimob AKP M. Rizaldi.

Menyelamatkan generasi muda penerus bangsa dari peredaran dan penyalahgunaan narokoba dikalangan remaja. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Satbrimob, pungkas Danki Brimob sembari menebar senyumnya.

Selanjutnya Pj. Walikota Langsa yang diwakili Staf ahli Bidang Kemasyarakatan dan sumber daya manusia Ir. Abdul Qaiyum dalam kata sambutan menyampaikan, bahwa

saya mewakili Pemerintah Kota Langsa dan seluruh jajaran beserta masyarakat Kota Langsa mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh panitia DPD IKAN yang telah berinisiasi dalam mensukseskan kegiatan kita pada pagi hari ini.

“Saya Sangat senang dan bangga berada di hadapan bapak/ibu semua hari ini dalam rangka pengukuhan pengurus DPD IKAN Kota Langsa dan pelaksanaan Bintek P4GN di aula Sekda Pemerintah Kota Langsa ini.”ujarnya

Acara ini merupakan langkah nyata dari komitmen kami untuk melawan ancaman narkoba yang semakin meresahkan bagi masyarakat kita dan narkoba bukanlah masalah yang bisa kita sepelekan serta dampak negatifnya tidak hanya dirasakan oleh individu yang terlibat, tetapi juga oleh keluarga, masyarakat, dan bangsa secara keseluruhan.

Karena itu, upaya pencegahan dan Pemberantasan narkoba harus menjadi prioritas kita bersama dan kepada para pengurus DPD IKAN Kota Langsa yang baru dikukuhkan, saya ingin mengucapkan selamat dan terima kasih atas kesediaan anda untuk berkontribusi dalam upaya melindungi keluarga kita dari bahaya narkoba serta memiliki peran penting dalam membentuk kesadaran masyarakat akan resiko narkoba serta dalam memberikan edukasi tentang bahaya narkoba kepada generasi muda.

Dengan dilaksanakannya Bimtek P4GN, kami meningkatkan pemahaman dan berupaya menjadi fasilitator dalam melawan kapasitas tantangan narkoba serta berharap pelatihan ini akan memberikan wawasan yang berharga untuk membantu kita semua dalam menjadi agen perubahan yang lebih efektif demi memberantas narkoba, Mari bersatu, bekerja sama, dan memberikan yang terbaik untuk Kota Langsa ini dan bersama-sama kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan bebas narkoba, tutup Abdul Qaiyum, staf ahli Pj Walikota Langsa.

Sementara Bimtek P4GN dari BNN Kota Langsa mengutus Ibu Maya sebagai pemateri yang di laksanakan pada puku 14 s/d selesai peserta antusias mengikuti arahan dari ibu Maya tersebut, dalam pencegahan narkoba untuk mengenali orang yang terkena narkoba ciri-cirinya adalah pertama gejalanya 1. Perubahan Perilaku, 2. Penurunan kemampuan berkosentrasi dan pikiran, 3. Perubahan Fisik (Kurus dan Lemah). Ciri-ciri Gejala Dini Pengguna Narkoba, 1. Kesehatan Fisik Menurun, 2. Penampilan diri menurun, 3. Badan Kurus, Lemas dan Malas, 4. Suhu Badan tidak beraturan, 5. Pernafasan Lambat dan Dangkal, 6. Pupil mata mengecil, 7. Mata Merah, 8. Tekanan Darah Menurun, 9. Kejang Otot. 10. Kesadaran makin lama makin menurun, 11. Selera Makan Menurun, 12. Bersikap Lebih Kasar. Nah itu sedikit banyaknya paparan oleh Bu Maya, maka dari itu dekankan diri kita terhadap anak-anak remaja kita awasi mereka nasehati mereka agar jauh dari Narkoba. (M.Rosuli)

Editor : mit 

Previous
« Prev Post