HEADLINE NEWS

Bupati : Lingkungan Sehat, Maka Masyarakat Pasti Cerdas.

 


Cybernews.id - Sekadau - Kalbar 

Bupati Aron, SH Sekadau didampingi ketua TP.PKK kabupaten Sekadau Ny.Magdalena Susilawati Aron,SP menghadiri acara peletakan batu pertama pembangunan gedung Pendidikan Usia Dini (PAUD) desa Tapang Pulau kecamatan Belitang hilir, Senin (14/08/2023).

Setelah peletakan batu pertama acara dilanjutkan dengan Deklarasi Open Decepticon free (ODF) atau tidak Buang Air Besar Sembarangan(BABS) desa Tapang Pulau.

Dalam arahannya Bupati mengatakan, acara deklarasi ODF merupakan momentum bagi desa untuk terus melangkah maju, bagi desa-desa yang belum ODF segera lakukan diskusi bersama para perangkat dan para tokoh masyarakat untuk memulai ODF.

Sebab lanjut dia, 40 persen kebersihan lingkungan dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat sekitar.

"Artinya faktor kesehatan lingkungan sangat mempengaruhi kesehatan masyarakat yang tinggal didalamnya,'l"kata Aron.

Kita bisa ambil contoh salah satu kecamatan yakni kecamatan Nanga Taman desanya sudah 10 persen ODF.

Namun kata dia lagi, kita akui untuk merubah maindset atau pola pikir masyarakat bukan perkara perlu sosialisasi yang masif agar mereka paham makna dari ODF tersebut.

Sebagai informasi tambah Aron, bahwa tahun ini kau Sekadau mendapatkan pasokan listrik untuk 13 desa terbesar dari kabupaten lain yang ada di provinsi Kalimantan Barat, untuk itu ia meminta kepada para kepala desa untuk membantu dan monitor pelaksanaan di desa, jangan sampai gagal hanya karena tanam tumbuh, karena kalau tidak kondusif mereka bisa saja memindahkan jaringan.

"Jadi, kepada masyarakat saya minta beri dukungan penuh kepada masuknya jaringan Perusahaan Listrik Negara," kata dia.

Sementara itu kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana kabupaten Sekadau (KPP dan KB) Henry Alpius dalam sambutannya mengatakan, bahwa ODF desa Tapang Pulau kecamatan belitang hilir adalah hasil kerja keras seluruh masyarakat dan para tokoh yang ada, untuk itu kita berikan apresiasi kepada Pemdes Tapang Pulau, Camat dan semua pihak yang sudah terlibat sehingga desa Tapang Pulau bisa melaksanakan ODF hari ini.

"Saya mengapresiasi sekali Pemdes Tapang Pulau yang telah bersusah paya melaksanakan ODF pada hari ini," kata Henry.

Lebih lanjut Henry mengatakan, pentingnya ODF bagi masyarakat adalah, agar lingkungan bisa bersih dengan tidak lagi Buang Air Besar Sembarangan (BABS) sebab kebersihan lingkungan menjadi faktor penentu sehatnya masyarakat, karena 40 persen kebersihan lingkungan menjadi penyebab kesehatan terganggu.  "Dengan ODF kita sudah memutus mata rantai penyakit seperti munculnya penyakit Muntahber, Kolera dan Diare," tutupnya.

Sementara itu camat Belitang hilir Evodius dalam sambutannya mengatakan, dirinya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah kabupaten Sekadau yang telah membangun sarana dan prasarana kesehatan di kecamatan Belitang hilir, terima juga kepada para anggota DPRD yang telah membangun sarana lain melalui pokok-pokok pikirannya.

"Kami akan tetap berusaha agar desa-desa yang ada di kecamatan Belitang hilir bisa ODF mengikuti desa Tapang Pulau ini," ucapnya.

Hadir pada acara tersebut Yodi Setiawan, anggota DPRD kabupaten Sekadau Bambang Setiawan, Kadis Pendidikan Fran Dawal, kadis Lingkungan hidup Petrus Apeng, pastor paroki, camat para Kades se-kecamatan Belitang hilir.(red) 

Previous
« Prev Post