HEADLINE NEWS

Pekan Gawai Dayak Sintang Ke X Resmi di Buka Oleh Bupati Sintang.

 


Cybernews.id - Sintang - Kalbar. 

Pekan Gawai Dayak ke X Kabupaten Sintang Kalimantan Barat resmi di Buka oleh Bupati Sintang Jarot Winarno, di Rumah Betang Tampun Juah Jerora Satu Sintang, Kamis 6 Juli 2023.


Ketua Panitia pelaksana pekan Dawai Dayak Kabupaten Sintang, Abdul Supriyadi dalam sambutannya mengatakan, bahwa gawai adalah merupakan adat dan tradisi suku Dayak dalam mengungkapkan Rasa syukur kepada Tuhan yang maha kuasa seyelah habis panen, serta gawai juga merupakan agenda rutin setiap tahunnya sejak turun temurun.



Ia juga menjelaskan tema yang diusung dalam Gawai ini, yaitu Dayak Maju, Dayak Bersatu dan Bermartabat, serta Dayak Siap me jadi Bagian Dari IKN.


Lanjut Abdul orang Dayak masih diperlukan harus tetap bersatu, sebab dengan bersatulah oranh Dayak bisa maju dan mpu bersaing di era perkembangan zamam saat ini.


“Dalam menyambut IKN orang Dayak harus mempersiapkan diri agar tidak sekedar menjadi penonton dan alat kelengkpan di Ibu Kota Negara yang baru, “Tetapi Dayak harus menjadi bagian dari Ibu Kota Negara nantinya,” ujar dia.


Selain itu, Abdul juga menyinggung tentang fasilitas rumah betang yang memang masih perlu diperhatikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang untuk terus dapat ditingkatkan pembangunannya, terutama fasititas umum berupa toilet yang masih sedikit dan halaman betang yang masih tanah.


Dirinya, mengajak semua lapisan masyarakat untuk menyaksikan pekan gawai dayak hingga acara penutupan pada tanggal 10 juli nanti. Banyak kegiatan dan lomba yang bisa disaksikan pada PGD ke-10 ini.


“Oleh sebab itu saya mengajak kita semua yang hadir untuk bersama-sama menjaga keamanan,” tambahnya.


Sementra itu Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sintang, Jeffray Edward menambahkan bahwa setelah pandemi Covid-19 melanda Gawai Dayak Baru dilaksanakan dua tahun berturut-turut, dan semua kegiatan Gawai dapat terlaksana dengan baik diberbagai tempat khususnya di Kabupaten Sintang.


“Pada kita bisa melaksanakan Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang yang ke X di tempat ini di rumah Betang Tampun Juah. Ini merupakan Gawai pertama di periode saya menjabat Ketua DAD masa Jabatan 2022-2027,” ujar Jeffray

Publis ; mit. 

Previous
« Prev Post