HEADLINE NEWS

Wadek III Fasya Menjadi Pembedah Buku “Salat Duha

 


Cybernews.id - Kota Langsa 

(Rabu, 21/6/2023) UPT Perpustakaan IAIN Langsa menggelar acara Bedah Buku “Salat Duha” di halaman Perpustakaan. Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Fakultas Syariah Dr. Mukhlis Rais, Lc., M.Pd.I. diminta menjadi pebedah buku tersebut.


Buku yang ditulis oleh Dedek terbilang ringan namun memiliki nilai yang sangat bermanfaat, terutama dalam mensyiarkan shalat Duha dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian yang dilakukan oleh penulis tersebut berlatar belakang pesantren tingkat SMP.


Menariknya, dari hasil penelusuran penulis buku “Salat Duha”, secara empiris dan efek shalat Duha memiliki pengaruh yang sangat baik dalam hal memotivasi siswa meningkatkan semangat belajar siswa. Secara kognitif, afektif, dan psikomotorik berdampak positif bagi siswa yang rajin melaksanakan shalat duha. Hal itu dapat terlihat dari hasil belajar siswa yang rajin melaksanakan shalat duha secara rutin setiap hari. Sementara itu, siswa yang tidak rajin atau malas-malasan melaksanakan shalat duha, secara semangat dan motivasi belajar terlihat rendah. Di samping itu, prestasi siswa yang tidak shalat duha rata-rata di bawah siswa yang rutin melaksanakan shalat duha. Demikian bagian dari komentar Mukhlis terhadap buku “Salat Duha”.


Namun, sebagai saran dan masukan terhadap buku tersebut, penelitian yang dilakukan oleh Dedek terbilang biasa. Mengingat lokasi penelitian yang diambil adalah latar belakang pesantren, yang memang sudah seharusnya mereka secara lingkungan sangat kondusif untuk melakukan shalat duha. Seandainya saja lokasi yang dipilih adalah sekolah umum, seperti SMP atau SMA yang bukan pesantren tentu penelitian ini akan semakin menarik. Sebab, latar belakang Pendidikan agama yang dimiliki sekolah umum sangat minim hanya beberapa jam saja di sekolah. Demikian pungkas Mukhlis di bagian closing statement atas buku "Salat Duha". (M. Rosuli)

Previous
« Prev Post